Pojok Diskusi Panitia dan Peserta Job Matching 2009


ShoutMix chat widget

This is default featured post 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Rabu, 08 Juli 2009

Denah Job Matching FK-BKK Jateng 2009

Latar Belakang Job Matching Jateng 2009

Permasalahan Bangsa Indonesia saat ini tidak hanya sebatas pertumbuhan ekonomi yang berjalan lambat, tatapi angka pengangguran dan kemiskinan yang masih tinggi. Tantangan terbeser adalah derasnya arus dan pengaruh globalisasi yang berdampak pada berbagai sendi kehidupan bangsa. Sebagai contoh pada setiap tahun lulusan SMK se Jawa Tengah meluluskan sebanyak ±135.000 siswa, dari 1022 SMK Negeri maupun Swasta serta dari berbagai program studi bidang industri, bisnis manajemen, Pariwisata, Pertanian, kelompok khusus yang akan mencari kerja.
Sebagai wujud peran serta Forum Komunikasi Bursa Kerja Khusus Sekolah Menengah Kejuruan Jawa Tengah ( FK BKK SMK Jateng ) terhadap lulusan SMK. Yang mengelola dan mengembangkan Bursa Kerja bagi alumninya.

Untuk mengurangi pengangguran, FK BKK SMK Jateng berusaha menginformasikan dan mengkomunikasikan jumlah lulusan terhadap dunia usaha dan dunia industri agar dapat menyerap tamatan SMK.

Lokasi dan Waktu Kegiatan Job Matching 2009


Job Matching 2009 di Jawa Tengah akan dilaksanakan tanggal 16 s/d 17 Juli 2009 di PRPP Jawa tengah. Pelaksanaan Job Matching dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Jambore Teknologi 2009. Khusus untuk Job Matching, kegiatan dilaksanakan di Sasana Rogojembangan dan Sasana Tidar Kompleks PRPP Jawa Tengah. PRPP merupakan area yang berdiri di atas lahan yang berada di wilayah Kelurahan Tawang Mas Semarang Barat.

Areal PRPP meliputi luas 46,5 Ha yang secara keseluruhan diperuntukkan bagi kegiatan-kegiatan sebagai berikut :

  • PRPP (seluas 22 ha)
  • Puri Maerokoco Taman Wisata Budaya Jawa Tengah (seluas 24,5 ha)
  • Taman Rekreasi Keluarga
  • Prasarana Jalan dan Parkir
Adapun denah dari tempat pelaksanaan Job Fair adalah seperti gambar diatas


Job Matching SMK Negeri 7 Semarang bekerjasama dengan Forum Bursa Kerja Khusus Jawa Tengah

Kebijakan pokok Departemen Pendidikan Nasional untuk mewujudkan (1) pemerataan dan perluasan akses pendidikan, (2) peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing (3) penguatan tatakelola, akuntabilitas, dan pencitraan publik, menjadi acuan dasar perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program-program Pembinaan SMK.

Sesuai dengan motto Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan yaitu : Siap Kerja, Cerdas dan Kompetitif, maka Dir.PSMK mengadakan kegiatan BANTUAN PEMASARAN TAMATAN SMK (JOB MATCHING) sebagai implementasi dari motto tersebut.

Kegiatan Job Matching untuk provinsi Jawa Tengah diadakan di Semarang dengan sekretariat pelaksana berada di SMK Negeri 7 (STM Pembangunan) Semarang bekerjasama dengan Forum Komunikasi Bursa Kerja Khusus Jawa Tengah yang merupakan Forum kerjasama BKK yang ada di seluruh SMK Jawa Tengah.

Adapun tujuan dari pelaksanaan Job Matching adalah :
  1. Mempertemukan tamatan SMK dengan dunia usaha/industri yang memerlukan tamatan SM
  2. Memberi peluang saling berinteraksi antara tamatan SMK untuk menawarkan kompetensi yang dimiliki kepada dunia usaha/industri yang memerlukan tenaga kerja
  3. Meningkatkan hubungan kerjasama SMK dengan dunia usaha/industri
  4. Meningkatkan wawasan Tamatan SMK tentang peluang kerja di dunia usaha/ industri
Sedangkan hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah :
  1. Dunia usaha/industri menerima data kompetensi Tamatan SMK sesuai dengan yang dibutuhkan.
  2. Terjalinnya interaksi komunikasi tamatan SMK dengan dunia usaha/ industri, baik tahap awal dan tahap-tahap selanjutnya dalam proses rekrutmen.
  3. Meningkatnya hubungan kerjasama SMK dengan dunia usaha/ industri untuk masa yang akan datang.
  4. Diperolehnya masukkan dari dunia usaha/industri tentang kelebihan dan kekurangan Tamatan

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More